Sabtu, 22 September 2012

Jamu Cleng Marem Dosomuko

Jamu Cleng Marem atau Jamu Cap Becak memang sudah terkenal sejak bungkusnya masih kertas hingga bungkus plastik seperti saat ini. Dengan ramuan tradisional dahulu kala jamu ini digunakan oleh para petani dan para pekerja keras untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti pegal linu dan sakit pinggang. Umumnya para pekerja keras seperti ini akan lebih mudah mengalami masalah otot karena otot mereka dipakai seharian sehingga menimbulkan efek lelah. karena efek lelah ini maka banyak sekali yang mengalami sakit pinggang, pegal linu, encok dan lain-lain apalagi jika sudah berusia lanjut.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman jamu ini dikemas dengan lebih menarik dengan gambar wayang dibagian depan sehingga jamu yang namanya cleng marem ini malah lebih dikenal dengan nama jamu cap wayang. Jamu ini jika diminum akan menghasilkan efek panas yang cukup tinggi ke anggota tubuh seperti badan, muka, kaki dan lain-lain. Panasnya ini nantinya akan mempengaruhi otot-otot sehingga lebih rileks dan cepat sembuh dari sakit.

Namun ada yang menyalahgunakan jamu ini umumnya oleh para wanita yaitu untuk melunturkan haid bagi yang terlambat datang bulan. Karena efek panasnya ini akan membuat haid cepat luntur jadi jamu ini mempunyai nama lain yaitu jamu pelancar haid. Dengan semua manfaat yang banyak ini tidak heran apabila jamu cleng marem ini cukup banyak digemari oleh para pecinta jamu yang mengalami gangguan seperti pegal linu, sakit pinggang, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar